Minggu, 15 November 2015



PENTINGNYA PENDIDIKAN KESENIAN DISEKOLAH

            Palu- (13/11) pendidikan seni disekolah-sekolah di palu saat ini sangat diperlukan agar para siswa mampu berkreasi dan berkarya. Hakekat dari seni itu sendiri ada dua yaitu pengembangan sitifitas dan pengembangan kreatifitas, pengembanngan sitifitas dapat diwujudkan lewat kegiatan mengapresiasi siswa dan juga bisa lewat berkreasi, jadi dalam kegiatan ini siswa mampu mengembangakan ide atau kreasi mereka. Seperti halnya di sekolah SMANOR seperti yang diungkapkan ibu Fitriyati pendidikan seni sangat diperlukan disekolah-sekolah pendidikan seni sangat diperlukan selain siswa mampu berkarya dan berkreasi, para siswa juga mampu bertanggung jawab, bekerja sama dan nilai kejujuran mereka bisa dinilai atas apa yang mereka kerjakan. 

            Pendidikan seni di sekolah ada empat macam yaitu seni tari, seni rupa, seni music dan seni teater. Keempat seni ini sekolah diberikan pilihan untuk memilih cabang seni mana yang akan diajarkan disekolah dan juga tergantung dari kemampuan seorang guru yang bersangkutan untuk mengajarkan cabang seni mana yang akan ia ajarkan disekolah tersebut, tapi tidak mutlak juga satu atau dua bahkan tiga cabang seni yang dikuasai oleh guru yang bersangkutan, guru tersebut bisa juga mengajarkan cabang seni yang dikuasainya.

            Menurut ibu Fitriyati peranan guru dalam pelajaran seni itu sangat penting dalam memilih dan mengelolah suatu kegiatan berapresiasi dan mengolah seni, yang harus dilakukan seorang guru yaitu bagaimana dia harus memahami dan menguasai isi kurikulum yang berkaitan dengan bidangnya, apakah itu bidang seni tari maupun seni music, selanjutnya bagaimana seorang guru menjelaskan materi yang akan dibawakan kepada muridnya agar siswa dapat memahami apa yang disampaikan guru tersebut, serta peran guru juga harus mampu memberikan motivasi kepada siswa lebih tertarik kepada pembelajaran seni.

NAMA                        : RAMNIA
NO STAMBUK         : B 501 14 083
PRODI                        : ILMU KOMUNIKASI
NARASUMBER        : IBU FITRIYATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar